Rabu, 23 Mei 2012

Refleksi
Halaman 9

1.    Bandingkanlah hakikat perencanaan bahasa antara defenisi dan makna menurut sudut pandang fungsional dan sudut pandang proses ?

Jawaban
Hakikat perencanaan bahasa antara defenisi dan makna menurut sudut pandang fungsional dan proses adalah
     Dari sudut pandang fungsional, perencanaan bahasa atau language planning  sebagai salah satu bentuk kegiatan menyediakan kaidah – kaidah atau norma ejaan, tata bahasa dan kamus untuk dijadikan pedoman para penulis dan pembicara dalam satu masyarakat bahasa yang tidak homogen (Haugen: 1959).
     Dari sudut pandang proses, perencanaan bahasa sebagairangkaian proses pengambilan alternatif dalam pelaksanaan tugas panitia atau akademika bahasa yang menyangkut semua bentuk usaha pengembangan bahasa yang diusulkan untuk diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditetapkan (Haugen: 1969).


Refleksi
Halaman 12

1.    Jelaskan pandangan Moeliono mengenai jenis-jenis perencanaan bahasa menurut bandangan sosiolinguistik !
2.    Berikan contoh bahwa perencanaan garis haluan kebahasaan itu bersifat politis dan bukan semata-mata tugas perencana bahasa !



Jawaban

1.    Sudut pandang Moeliono mengenai jenis-jenis perencanaan bahasa menurut sudut pandang sosiolinguistik.
a.    Garis haluan kebahasaan (policy), berkenaan dengan penentuan kedudukan bahasa dan fungi sosio linguistiknya.
b.    Pengembangan bahasa (defelopment), yakni mengenai pengembangan studi bahasa.didalamnya menyangkut pengaksaraan bahasa yang mengenal tata tulis, pembakuan bahasa dan pemoderan bahasa.
c.    Peminaan bahasa ( kutivation ), yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pemakai bahasa dan mutu pemakaian bahasa melaui penyebaran hasil pembakauan dan penyuluhan serta pembibingan.
2.    Contohnya adalah masyarakat yang mengunakan bahasa sesuai dengan fungsi kehahasanya serta mengembangkanya sesuai dengan kedudukan bahasa itu sendiri.


Refleksi
Halaman 18

1.    Bandingkn antara karateristik perencanaan bahasa, pembinaan dan pengembanga bahasa !
2.    Jelasakan antra politik bahasa pembinaan dan pengembangan bahasa !


Jawaban
     Perencanaan bahasa  adalah  dalam garis besarnya dibedakan atas perencanaan status dan perencanaan korpus bahasa.perencanaan status bersifat politis dan menggunakan ncangan garis haluan keahasaan. sedangkan  korpus bersifat linguistik menggunakan ancangan dan pembinaan bahasa.
     Pembinaan adalah  didalam pembinaan menyangkut masalah  yaitu pengembangan, pembakuan, dan pengajaran bahasa indonesia,pengajaran bahasa daerah, terutama bahasa daerah yang dipelihara para pemakainya,serta maalah pemakaian  dan pengembangan  pengajaran bhasah asing.
     Pengembangan bahasa adalah berlangsung sejak masah penjajahan Belanda.peristwa  Sumpa Pemuda 28 Oktoer 1928 merupakan tonggak sejarah yang menandai lahirnya garis kebahasaan di indonesia yang salah satu ikrarnya (ikrar ke 3 ) yang berbunyi kami putra dan putri indonesia mengaku berbahasa satu bahasa indonesia.
3.    Hubunganya adalah politik bahasa merupakan sebagai salah satu garis haluan operasional perencana bahasa yaitu pengembangan dan perencanaan bahasa  atau penanganan masalah – masalah kebahasaan di indonesia secara menyeluruh, berencana, terperinci, dan terarah.

Refleksi
Halaman 20

1.    Bagaimana persamaan dan perbedaan antara Meliono dan Krilaksana tentang standarlisasi bahasa !


Jawaban
1.    Perbedanya adalah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar